Kenali Gejala Kerusakan Pada Transmisi Manual
12
Nov
2018
0 Comment Share Likes 2808 View

Transmisi merupakan sebuah bagian yang terdapat didalam sebuah kendaraaan. Fungsi dari transmisi itu sendiri adalah untuk mengatur kecepatan sesuai dengan beban dan kondisi jalan, ketika berada pada jalanan yang menanjak, atau ketika mobil berjalan pertama kali, maka kendaraan membutuhkan momen yang besar, transmisi akan memperbesar momen ini sehingga kendaraan dapat kuat melewati jalanan yang menanjak, tetapi untuk menghasilkan momen yang besar ini disertai dengan penurunan kecepatan, pada saat ini transmisi berada pada tingkat gigi terendah. 

Berbeda lagi ketika berada di jalan yang mendatar, kendaraan sudah tidak lagi membutuhkan momen yang besar, sehingga transmisi akan memperkecil momen dan kecepatan mobil meningkat. Pada saat ini transmisi berada pada tingkat gigi tertinggi.

Fungsi transmisi yang kedua adalah untuk merubah arah putaran roda, sehingga memungkinkan kendaraan dapat berjalan mundur, dan fungsi yang ketiga adalah dengan adanya transmisi makan kendaraan dapat berhenti dalam keadaan mesin hidup, ini merupakan posisi netral. Pada transmisi manual ada tiga tipe yang sering digunakan pada kendaraan, yaitu transmisi tipe synchromesh, tipe sliding mesh dan tipe constant mesh.

Transmisi itu sendiri hadir dalam dua tipe yaitu manual dan otomatis. Sebuah transmisi hadir pada sebuah mobil bukanlah merupakan bagian yang tanpa adanya kerusakan. Kerusakan pasti muncul pada sebuah transmisi termasuk pada transmisi manual.

Ada beberapa gejala yang dapat dikenali ketika transmisi manual mulai rusak seperti

Telat Merespons

Sempatkah anda rasakan saat memijak pedal gas mesin merasa menderu, tetapi mobil tetaplah melaju lambat serta tidak normal? Bila anda sempat merasakn ini, jadi mungkin saja berlangsung rusaknya pada plat kopling mobil maupun keadaan plat kopling telah menipis. Bila pada mobil transmisi automatis, jadi problem transmisi matic ini karena sebab kemampuan body valve yang telah melemah. Untuk menangani, jadi selekasnya ganti kopling mobil dengan yang baru. Untuk lakukan pergantian, anda dapat mengerjakannya sendiir dirumah.

Keluar Suara Mendengung Yang Berasal Dari System Transmisi

Rusaknya yang lain yang bisa berlangsung karena timbulnya suara mendengung yang serupa dengan suara yang datang dari mesin. Bahkan juga suara ini juga akan jadi bertambah keras serta disertai dengan timbulnya bunyi yang serupa seperti ketukan-ketukan benda tumpul yang tengah beradu. Suara itu keluar dari sebagian komponen yang sama-sama berbenturan didalam system transmisi karena mekanisme gerakannya yang terhalang. Hal semacam ini karena minimnya kemampuan dorong dari oli transmisi.

Oli sendiri yaitu komponen yang cukup perlu karna berperan jadi pendingin serta pelumas. Oli transmisi ini berperan untuk memberi tekanna saat perubahan gigi berlangsung. Untuk mengatasinya segerak check keadaan oli transmisi mobil anda. Untuk mengeceknya, anda dapat memakai dipstick untuk mengukur kada volume. Bila di rasa kurang, jadi selekasnya isi kembali sampai batas maksimum yang sudah ditetapkan.

Kebocoran Cairan Transmisi

Kebocoran yang berlangsung pada system transmisi merupakangejala rusaknya transmisi yang gampang diidentifikasi. Oli transmisi ini yaitu sisi yang vital didalam system transmisi. Hingga bila berlangsung kebocoran jadi menyebabkan problem yang serius. Pada system transmisi manual, pengecekan memanglah tidak gampang dikerjakan dengan memakai dipstick. kamu mesti buka kotak transmisi segera, serta sudah pasti hal semacam ini memerlukan pertolongan dari teknisi yang telah pakar.

Timbulnya Bau Terbakar

Rusaknya pada transmisi manual yang lain yakni timbulnya bau seperti terbakar yang keluar bahkan juga sampai masuk kedalam kabin mobil. Hal semacam ini karena keadaan overheating yang dihadapi oleh system transmisi yang mana memerlukan pelumas. Peranan pelumas di sini bukan sekedar menolong gerakan komponen, tetapi juga menyetabilkan suhu komponen yang dilumasinya. Bila bau terbakar ini mendadak keluar, jadi mengisyaratkan bila oli yang terbakar terlalu berlebih serta mengakibatkan volumenya menyusut. Untuk mengatasinya, asotikan terlebih dulu apakah berlangsung kebocoran atau tidak didalam system transmisi. Bila iya, jadi perbaiki penyebabnya kebocoran. Kemudian jadi selekasnya kerjakan pengisian ulang oli transmiis sampai menjangkau batas volume yang ditetapkan.

Sulit Pindah Gear

Problem ini memanglah seringkali berlangsung pada system transmisi manual, umumnya juga akan susah memindagkan gear dari tempat netral ke gigi 1. Penyebabnya awal karena problem yang berlangsung pada penghubung tuas serta withdrawl lever. Fasilitas penghubung ini berbentuk tali kopling yang umumnya dipakai pada mobil-mobil lawas maupun pada master kopling pada mobil baru. Rusaknya yang lain dapat karena komponen-komponen yang telah alami keausan serta mesti selekasnya dikerjakan pergantian.

Kopling Seret

Problem yang lain yang seringkali berlangsung pada mobil manual yaitu kopling yang seret. Hal semacam ini umumnya karena disk kopling yang tidak berhasil lepas saat anda memijak pedal kopling. Keadaan ini mengakibatkan pengemudi tidak bisa mengubahkan gigi karena kopling yang masih tetap ada didalam putaran mesin. Bila anda memaksakan jadi mengakibatkan timbulnya bebrapa nada seret dair dalam transmisi. Penyebabnya kopling yang seret umumnya karena kendurnya pedal kopling.

SAMPAIKAN KOMENTAR